Rabu, 02 Januari 2013

Latar belakang,dampak dari facebook

BAB I. PENDAHALUAN

1.1      Latar belakang
              Hampir sebagian masyarakat di Indonesia mengenal istilah jejaring sosial karena promosi yang besar-besaran oleh para jasa content serta operator seluler. Jejaring sosial adalah sebuah situs pertemanan di dunia maya, banyak sekali situs jejaring sosial yaitu:Facebook, Twitter, Freindster, 12Frenz, My Space dan lain-lain.
        Salah satu situs jejaring sosial yang paling populer adalah Facebook.
       Facebook adalah jejaring sosial yang menjadi rangking pertama diakses oleh masyaraka Indonesia. Begitu mudah mendapatkan teman di sini, karena teknologi yang ada di dalamnya sangat canggih dan juga ketersediaan berbagai macam bahasa terdapat di Facebook.
Tidak heran jika semakin hari semakin bertambah pengguna Facebook. Hampir setiap orang mempunyai Facebook. Penggunaan Facebook dalam kehidupan sehari-hari mempunyai pengaruh bagi penggunanya, apabila kita tidak cerdas dalam menyikapi situs jejaring sosial ini, bisa-bisa kita kecanduan Facebook, dan layaknya candu, apapun akan kita lakukan agar dapat menggunakan Facebook.
Hal itulah yang melatarbelakangi penulis mengangkat judul Facebook, karena melihat dari kehidupan sehari-hari yang hampir tidak pernah lepas dari perbincangan tentang Facebook, sehingga menurut penulis mengapa tidak Facebook sekali-kali dibahas dalam mempresentasikan karya ilmiah dan sebagai bentuk peduli penulis agar semua pengguna Facebook termasuk penulis sendiri tidak hanya mengenal Facebook sebagai hal yang menyenangkan, tetapi sesuatu yang juga harus diwaspadai.




1
1.2 Identifikasi masalah
          1.2.1  Bagaimana asal mula lahirnya Facebook?
       1.2.2     Apa sajakah dampak positif dan negatif Facebook?
       1.2.3   Bagaimana cara aman menggunakan facebook?

1.3 Tujuan
      1.3.1 Agar mengenal asal usul Facebook.
      1.3.2 Mengetahui apa saja dampak positif dan negatif Facebook.
      1.3.3 Cara aman menggunakan facebook.


















                                                                       
2

BAB II. PEMBAHASAN

     2.1  Mengenal Facebook
2.1.1 Sejarah ringkas lahirnya Facebook
Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg (lihat lampiran gambar 1.1) seorang mahasiswa Harvard, fungsiya sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari mahasiswa Harvard telah memiliki akun Facebook. Tidak hanya itu beberapa kampus lain juga dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membatu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu empat bulan setelah diluncurkannya, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesa tersebut, Zuckerberg dan kedua temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto, Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker, dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah akun di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan tahun 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tidak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12,7 juta US Dollar dari Accel Pathners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
3
Pada September 2005, Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa, Facebook juga membuka jaringannya untuk siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

      2.1.2 Tampilan Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial yang sering berubah tampilan, Facebook yang kita kenal sekarang berbeda dengan Facebook yang pertama kali dibuat, misalnya dalam masalah fitur dan tampilan desainnya, mungkin itu salah satu strategi mereka dalam menyediakan kebutuhan pengguna dan bertujuan agar pengguna tidak bosan.
2.1.3  Bagian-bagian utama facebook
    1)Beranda/Home
Di bagian beranda ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti membaca semua berita masuk baik itu upload foto, postingan status teman-teman facebooker, dan sebgainya; kita juga bisa mengganti (update) status di beranda ini; men-add teman baru yang mungkin kita kenal; memberikan komentar atau sekedar menyukai status dan foto baru teman; dan lain sebagainya.
    2) Profil
Profil dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu kanan, tengah, dan kiri. Bagian kanan terdapat tempat iklan; bagian tengah adalah wall (dinding) yaitu tempat yang menampilkan informasi tentang kegitan apa saja yang kita lakukan, postingan status-status kita, dan lain sebagainya; bagian kiri terdapat foto profil, kita bisa menggantinya sesuai keinginan, menyunting informasi data diri, dan menampilkan teman-teman, hasil kuis dan aplikasi yang kita gunakan.
   
4
3) Akun/Account
Pada bagian ini kita bisa mengedit data pribadi kita. Misalnya kita ingin mengganti password atau alamat e-mail.

2.2 Dampak Facebook
Sudah sewajarnya, setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan Facebook punya dampak positif dan negatif. Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif dari pengguna Facebook menurut salah satu situs blog antara lain:

2.2.1 Dampak Positif Facebook
1)      Mempererat silaturahmi
Mempererat silaturahmi merupakan salah satu manfaat Facebook yang paling bisa kita rasakan. Kita bisa berhubungan langsung dengan orang-orang terdekat kita meskipun dalam jarak jauh, bahkan dengan Facebook kita bisa menemukan kembali orang-orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
2)      Mengetahui potensi diri
Dalam Facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat. Yang bisa mengasah dan menguji seberapa besar kecerdasan IQ, EQ, dan SQ kita. Namun kita tetap harus waspada karena sebagian kuis yang terdapat di Facebook mengandung unsur-unsur ramalan, dan sudah tentu kita paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.
3)      Media promosi
Jelas, Facebook bisa digunakan sebagai media promosi, baik itu mempromosikan media jasa, instansi atau produk rumahan (housemade).
4)      Sarana diskusi
Di Facebook kita bisa bergabung di berbagai komunitas/grup.
5)      Tempat berbagi cerita (Curahan Hati)                                                                                                                                                                              

5
Sebagai manusia normal, tentunya kita akan selalu dikelilingi dengan berbagai problematika hidup, dan sebagai makhluk sosial kita tentu ingin saling berbagi cerita dengan yang lain, salah satu wadah untuk curhat  yang paling tepat adalah Facebook. Dengan hanya memperbarui (update) status di beranda Facebook, teman-teman yang peduli biasanya akan memberikan komentar di status kita yang isinya bisa saja dengan sekedar memberikan semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.
2.2.2 Dampak Negatif Facebook
     1)      Adanya waktu yang terbuang sia-sia
Lebih banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat, biasanya kita lupa waktu ketika sedang asyiknya berfacebook ria. Facebooker yang seperti ini biasa disebut  Sindrom  Facebookholic alias kecanduan.

2)      Boros uang
Dampak yang satu ini tentu tidak bisa dihindari, apalagi mereka yang online dengan memanfaatkan jasa penyedia jaringan internet dan wireless seperti warnet atau warung/café/restauran yang menyediakan hotspot dan mereka yang memanfaatkan telepon genggam (handphone) untuk berfacebookan. Ini tentu membutuhkan biaya lebih.
     3)      Malas belajar
Facebook memang menyenangkan, tetapi kita tidak boleh melalaikan pekerjaan-pekerjaan yang lainnya, ini berarti secara tidak langsung kita mengalami apa yang namanya pembodohan yang menyenangkan.
     4)      Memicu pergaulan bebas tanpa batas
Kita ketahui bersama bahwa Facebook itu adalah dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjadi apa saja dan berbuat apa saja. Maka tentunya kita harus mawas diri dengan tetap menjaga pergaulan kita di arah yang positif.
    



6
2.3 Cara Aman Penggunaan Facebook
Sebagai media komunikasi, internet dengan jejaring sosialnya bisa saja bersifat netral, namun sebagai pisau bermata dua, dampak negatif bisa terjadi. Sebab berbicara soal internet semua ada di sana dan semua bisa terjadi di sana. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada beberapa cara dalam bermain Facebook, cara sederhana seperti para pengguna jejaring sosial yang masih awam perlu diberdayakan agar tidak menjadi sasaran empuk penjahat internet; data-data kita pun harus dijaga agar tidak semua dibuka dan diakses semua orang; ajakan orang yang baru dikenal hendaknya dipastikan dulu siapa orang yang mengajak, latar belakangnya, tujuannya dan hal-hal lainnya agar kita tidak menjadi korban kejahatan seperti penipuan maupun penculikan. Adapun cara-cara yang lain diantaranya:
1)      Jangan merasa bangga ketika punya banyak teman, ada baiknya kita selektif dalam meng-approve calon teman kita di Facebook.
2)      Cobalah dengan mengubah pengaturan privasi akun Facebook kita, terutama yang berkaitan dengan foto kita. Kita ganti pengaturannya, misalnya saja yang bisa lihat foto atau album kita hanya teman saja. Jadi tidak sembarang orang bisa lihat album kita.
3)      Jangan mencantumkan data-data pribadi anda. Contohnya nomor handphone.
4)      Kurangi bemain Facebook di tempat hot-spot-an karena dikhawatirkan tempat hot spot-annya memakai software yang bisa menyimpan username dan password yang keluar dari jaringan wi-fi di tempat tersebut.
5)      Jangan lupa untuk selalu me-log out akun anda setiap ingin keluar dari Facebook, apalagi kita bermain di komputer/laptop orang lain.







7
BAB IV. PENUTUP

4.1 Kesimpulan
   Menurut dari hasil saya, dapat ditarik kesimpulan bahwa
 Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang banyak diminati dari segala kalangan. Bukan hanya karena tampilan yang menarik, penggunaannya mudah tetapi juga aplikasi yang ada didalamnya lebih lengkap. Tidak heran jika hampir setiap orang khususnya kalangan remaja memiliki akun Facebook. Sama halnya dengan hal yang lain, Facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg yang bertujuan baik sebagai salah satu sarana komunikasi mudah, malah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini yang menyebabkan sebagian kalangan lainnya kontra akan kehadiran Facebook, puncaknya ketika ada isu fatwa haram Facebook.
Facebook selain memiliki dampak positif  juga tentu memiliki dampak yang negatif seperti waktu yang terbuang percuma, malas, boros uang, melalaika tugas yang lain. Jadi sebagai makhluk intelektual hendaklah kita bisa mengendalikan sikap kecanduan atas situs jejaring sosial ini.

4.2 Saran
    1)      Jangan membuat pesan status yang menjelek-jelekkan orang lain atau institusi.
    2)      Jangan menaruh informasi-informasi yang penting seperti nomor telepon di dalamnya, karena dapat memberikan seseorang berbuat jahat dengan informas tersebut.
   3)      Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru kita kenal.
   4)      Untuk orang tua awasi anak anda dalam penggunaan teknologi ini.




8
Daftar Pustaka

Anafi Muhamad.2012.Facebook.GPM:Gramedia









sekian informasi dari saya, smoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Lucky Club Casino site
    Lucky Club offers you the chance to win cash prizes from all the hottest online casinos! Play slots and table games, win prizes and become a millionaire.‎Lucky Club Casino · ‎Roulette · ‎Roulette luckyclub.live · ‎How to Bet on Lucky Club

    BalasHapus
  2. Casinos Near Harrah's Casino & Resort, Nevada - MapYRO
    Casinos Near Harrah's Casino 거제 출장샵 & Resort, Nevada On the Strip, a new 경상남도 출장마사지 hotel-casino 공주 출장샵 was opened on December 11, 2009. 777 Harrah's Blvd. Las Vegas, 계룡 출장안마 NV 화성 출장안마 89103.

    BalasHapus